Cara Memasang IP dari ISP/Sumber internet pada mikrotik

 Untuk memasang IP dari ISP atau sumber internet pada perangkat MikroTik, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan Anda memiliki informasi yang diberikan oleh ISP atau sumber internet, termasuk alamat IP yang diberikan (IP statis) atau informasi yang diperlukan untuk mengatur koneksi menggunakan protokol DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).

2. Hubungkan perangkat MikroTik dengan modem atau perangkat yang diberikan oleh ISP atau sumber internet. Pastikan kabel jaringan terhubung dengan benar dan perangkat dalam kondisi menyala.

3. Buka peramban web pada komputer yang terhubung ke perangkat MikroTik.

4. Ketikkan alamat IP default MikroTik (misalnya, 192.168.88.1 atau 192.168.1.1) pada bilah alamat peramban web dan tekan Enter.

5. Masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) yang benar untuk login ke antarmuka administrasi MikroTik. Secara default, nama pengguna adalah "admin" dan kata sandi tidak diisi.

6. Setelah berhasil masuk, pada antarmuka administrasi MikroTik, periksa pengaturan antarmuka yang digunakan untuk koneksi ke ISP atau sumber internet. Umumnya, antarmuka yang terhubung ke modem atau perangkat ISP akan menggunakan port Ethernet yang ditetapkan sebagai "WAN" atau "Internet".

7. Pada antarmuka yang digunakan untuk koneksi ke ISP, atur mode koneksi sesuai dengan informasi yang diberikan oleh ISP. Jika Anda menggunakan IP statis, atur alamat IP, subnet mask, gateway, dan DNS yang diberikan oleh ISP. Jika Anda menggunakan protokol DHCP, pastikan mode koneksi diatur ke "DHCP Client".

8. Setelah mengatur pengaturan antarmuka dengan benar, simpan pengaturan tersebut.

9. Perangkat MikroTik akan mencoba menghubungkan ke ISP atau sumber internet dan mendapatkan alamat IP atau konfigurasi yang diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda harus dapat memasang IP dari ISP atau sumber internet pada perangkat MikroTik dan menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Pastikan Anda memahami persyaratan dan pengaturan yang diperlukan oleh ISP atau sumber internet Anda sebelum melakukan konfigurasi.

Post a Comment

0 Comments

close